Mengenal Lebih Jauh Tentang Meeting Room
Meeting room dalam bahasa Indonesia berarti ruang rapat yaitu sebuah ruangan yang digunakan untuk mengadakan pertemuan bersama orang lain guna membahas hal tertentu. Bisanya ruangan yang digunakan tidak terlalu luas fasilitas yang tersedia sederhana seperti meja panjang kursi serta lcd proyektor dan memiliki durasi waktu pemakaian yang pendek.
Ciri-ciri meeting room:
1.Daya tampung sedikit di bawah 50 orang
2.Fasilitas peralatan yang tersedia sedikit dan sederhana
3.Penanganan dalam bidang pelayanan dipegang oleh orang profesional dalam jumlah yang sedikit
Tempat-tempat yang memiliki meeting room:
1.Segala macam jenis perusahaan
2.Sekolah atau kampus
3.Instansi pemerintah mulai dari tenaga kesehatan sampai pelayanan kependudukan
4.Rumah sakit
5.Hotel
6.Coworking Space
7.Dll
Ruang rapat berfungsi sebagai tempat untuk seseorang melakukan negosiasi, bertukar informasi guna memecahkan masalah yang sedang dihadapi, biasanya di dalam sebuah meeting room kita akan menemukan meja beberapa buah kursi pendingin ruangan lcd proyektor dan beberapa ornamen kecil penghias dinding.
Meeting room yang layak dan baik harus memiliki syarat utama yaitu letaknya yang strategis, pemilihan lokasi ruang rapat yang mudah di jangkau dengan berbagai macam alat transportasi akan memudahkan kita untuk menemukan lokasinya
Jika meeting room terletak di dalam sebuah perusahaan atau instansi pilihlah tempat yang mudah di jangkau dan mudah dilihat semua orang bila perlu diberi papan nama namun jika meeting room berlokasi di luar perusahaan pilihlah tempat yang strategis dan mudah di jangkau transportasi, perhatikan pula lingkungan sekitar meeting room yang hendak digunakan.
Design ruang rapat harus memperhatikan kenyamanan penggunanya. Penggunaan ruangan tertutup dan kedap suara merupakan ruangan yang cocok karena terhindar dari suara-suara yang mengganggu selain itu interior di dalamnya perlu diperhatikan seperti penggunaan jendela.
Jendela lebar dan besar yang menghadap langsung ke arah pemandangan kota merupakan pilihan yang bagus karena dapat mengurangi kejenuhan di sela-sela rapat yang tengah berlangsung. Pencahayaan yang baik bisa berasal dari penggunaan lampu yang sesuai atau memanfaatkan sinar matahari langsung.
Ventilasi udara harus diatur agar saat rapat tengah berlangsung ruangan tidak menjadi pengap, pendingin ruangan dapat dipilih untuk menjaga suhu ruangan tetap dingin sehingga peserta rapat tetap merasa nyaman. Pemilihan design ruangan yang minimalis namun modern dapat menciptakan kesan santai tapi serius.
Penggunaan perabot dan interior yang minimalis membuat ruangan terlihat lebih luas sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan dan tidak mengurangi ruang gerak pesertanya. Sebuah ruang rapat yang baik harus memiliki fasilitas yang mendukung kegiatan di dalamnya.
Penggunaan teknologi masa kini seperti LCD proyektor, laptop atau komputer, kabel HDMI, jaringan internet unlimited, speaker, dan mikrofon tidak boleh dilupakan walaupun sudah tersedia beberapa teknologi penggunaan papan tulis dan flip chart tidak boleh diremehkan karena kedua hal tersebut memudahkan kita untuk mencatat hal-hal penting saat rapat berlangsung.
Konsumsi merupakan hal yang wajib ada di ruang rapat hal ini untuk menjaga anda dari kehausan atau kelaparan saat rapat berlangsung minimal tersedia air mineral sehingga tidak akan mengganggu konsentrasi saat menyimak rapat.
Beberapa fasilitas diatas merupakan poin dasar yang harus dimiliki oleh sebuah meeting room guna mendukung proses diskusi di dalamnya. Namun tidak menjadi suatu keharusan bagi anda untuk memiliki semua fasilitas diatas anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan budget serta kemampuan anda.
Setiap jenis pekerjaan baik yang berasal dari instansi pemerintah maupun swasta pasti membutuhkan sebuah meeting room. Jika anda tidak memiliki meeting room pribadi sebelum memesan hendaklah memeriksa kelengkapannya terlebih dahulu, untuk menjawab keraguan anda kini hadir GO-WORK sebagai solusi terbaik meeting room bagi anda. Tunggu apalagi ayo sekarang buat reservasi.