5 Hal Yang Dipersiapkan Untuk Mati Listrik

Listrik merupakan sebuah kepentingan pada masyarakat saat ini. Banyak peralatan dalam kehidupan sehari-hari yang bergantung pada adanya listrik. 

Untuk itu ketika terjadi pemadaman listrik terutama pemadaman yang terjadi cukup lama hingga berjam-jam akan sangat menggangu aktifitas masyarakat. 

Banyak kerugian yang ditimbulkan ketika terjadi pemadaman listrik. Untuk itu selalu antisipasi keadaan bila terjadi pemadaman listrik simak beberapa hal yang dapat dilakukan ketika terjadi pemadaman listrik berikut ini:

1. Sedia sumber penerangan alternative

MATI LISTRIK

Untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrikdalam waktu lama, sebaiknya persiapkan sumber penerangan alternatif selain lampu listrik.

Penerangan alternatif itu di antaranya adalah lampu senter, lampu teplok, maupun lilin.

Selain itu, persiapkan pula cadangan batu baterai untuk menghidupi sumber-sumber penerangan tersebut. Namun, jika menggunakan lampu teplok atau lilin ketika mati lampu, jangan sampai lengah.

2. Siapkan Genset (Generator Set)

Alternatif lainnya, jika ketergantungan tinggi terhadap aliran listri, Anda bisa juga mempersiapkan generator set atau genset. 

Genset bisa menjadi sumber energi jika sewaktu-waktu listrik mati. Saat menggunakan generator, maka sebaiknya Anda menggunakannya jauh dari rumah dan jangan menjalankannya di dalam rumah Anda. Penghuni berisiko keracunan karbonmonoksida (CO) selama pemadaman listrik ketika generator digunakan dengan cara tidak aman dan ruangan dalam keadaan tertutup.

Baca Juga : 3 Keunikan Kain Tenun Baduy Paling Mengesankan!

Jika belum bisa membeli genset kamu juga bisa memutuskan untuk menyewanya. Selain mencari tempat Rental genset murah berkualitas pastikan kamu menyewa ditempat penyewaan yang memiliki tim ahli dan juga memiliki genset yang baik, seperti di sewatama yang memiliki genset-genset berkualitas dan tentunya Sumberdaya sewatama yang professional.

3. Tutup pintu lemari es 

Kulkas yang belum dibuka akan menjaga makanan tetap dingin selama sekitar empat jam. Saat freezer penuh akan menjaga suhu sekitar 48 jam. Jika Anda menyimpan ASI perah yang sangat dipengaruhi suhu, maka bisa pindahkan ke box es yang diisi dengan es batu.

4.  Cabut peralatan listrik saat listrik padam

Mencabut colokan dari sumber listrik bisa menjaga peralatan Anda seperti komputer dan perangkat lainnya tidak cepat rusak jika ada lonjakan daya sesaat

5. Selalu sedia uang tunai

Saat listrik mati seperti kemarin, hambatan yang terjadi salah satunya kesulitan mencari mesin ATM. Anda sebaiknya selalu menyiapkan uang tunai agar tidak kebingungan jika mesin ATM bermasalah saat listrik padam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel